• Biaya dasar akuntansi untuk proses produksi

Default Alternative Text

Artikel bulan lalu tentang bagaimana proses para teknisi dan operator menjadi semakin terlibat dalam unsur-unsur bisnis untuk menjalankan sebuah pabrik menyarankan bahwa operator perlu mempelajari beberapa konsep dasar akuntansi Sementara poin "menghitung kacang" mungkin bukan hal yang paling menarik untuk mereka yang lebih terbiasa bekerja dengan PID, konsep-konsep dasarnya cukup sederhana. Mengingat bahwa orang-orang di pabrik sangat memperdulikan biaya, kami akan tetap berpegang pada sisi bisnis daripada melihat metode keuangan akuntansi yang lebih tradisional.

Akuntan kerap mencocokan biaya dengan kegiatan yang menciptakan produk dan nilai. Konsep pencocokan inimendasar dan penting untuk diingat. Pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah pabrik cukup mudah dipahami karena hasilnya dijual dengan harga tertentu per ton. Untuk mengetahui apakah Anda bisa mendapat keuntungan, Anda harus membandingkan pendapatan dengan biaya.

Biaya merupakan hal yang sedikit lebih rumit dan memiliki dua komponen utama. Komponen pertama adalahbiaya langsung(ataubiaya variabel), yang mencakup beberapa hal nyata yang terhubung langsung ke produksi hasil Anda. Jika pabrik Anda biasanya memproduksi 100,000 ton produk per bulan, hal itu membutuhkan jumalh yang sesuai dari mulai bahan baku, gas untuk menghasilkan api, operator untuk mengawasi proses, listrik untuk menjalankan pompa, daln lain-lain. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi sejumlah barang tadi, atau, dibalik, Berapa biaya yang tidak dikeluarkan jika kita sama sekali tidak memproduksi barang? Biaya langsung harus bervariasi langsung dengan tingkat hasil. Untuk kepentingan argumen, pada tingkat produksi normal, biaya langsung untuk pabrik Anda mencapai $600/ton, jadi total biaya langsung per bulan adalah $60 juta. (Angka-angka ini hanyalah rekayasa, jadi jangan terlalu dianggap serius)

Biaya langsung merupakan hal yang paling nyata, dan terkadang para pengamat percaya bahwa pabrik mereka lebih menguntungkan daripada yang ini karena mereka menganggap bahwa ini adalah satu-satunya elemen biaya. Sisi lain dari koin akuntansi adalahbiaya tidak langsung, dan di sinilah semuanya bisa menjadi lebih rumit.

Setiap pabrik memiliki biaya yang tidak berhubungan langsung dengan proses produksi, dan ada banyak macamnya:

  • Biaya sewa atau properti untuk fasilitas
  • Pemeliharaan (peralatan dan karyawan)
  • Infrastruktur (menjaga agar lampu dan pendingin ruangan tetap menyala)
  • Layanan keamanan
  • Dermaga pemuatan
  • Gedung kantor pabrik, peralatan, dan staf
  • Keperluan non-produksi, dan
  • Berbagai macam hal tambahan.

Karena biaya tidak langsung tidak berubah seiring dengan tingkat produksi, jenis biaya ini cenderung relatif stabil dan kadang-kadang disebut dengan istilahbiaya tetap. (Peralatan modal biasanya ditangani secara berbeda, jadi membeli reaktor baru berasal dari neraca modal.)

Akuntan kerap menjumlahkan semua biaya tak langsung menjadi satu angka besar untuk bulan tersebut. Lalu mereka membaginya menjadi beberapa unit untuk hasil pada bulan tersebut. Jadi, melanjutkan contoh tadi, anggap saja biaya tak langsung sebesar $2,000,00 per bulan. Kita bagi angkat tersebut dengan 100,000 ton hasil, jadi biaya tak langsung per ton adalah $20.

Berarti, total biaya per ton adalah $620. Apapun di luar itu akan ditangani lebih lanjut pada rantai makanan. Yang lain akan berurusan dengan margin kotor, dan lain-lain. Pada akhirnya, Anda bisa membuatnya menjadi lebih baik atau lebih buruk dengan menetapkan biaya Anda menjadi lebih rendah atau lebih tinggi. Jadi, bagaimana bisa Anda meningkatkannya?

Bahan baku-Mungkin Anda tidak memiliki pengaruh apapun terhadap biaya yang dikeluarkan untuk bahan baku, tapi Anda harus bisa membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi jumlah kerugian produksi.
Energi-Lagi-lagi, mungkin Anda tidak mempu mengendalikan harga, tapi Anda bisa membantu mengendalikan konsumsi.
Hasil, Walaupun Anda mungkin tidak mengendalikan biaya tak langsung secara langsung, setiap kali Anda dapat meningkatkan produksi, biaya tak langsung akan dibagi dengan lebih banyak unit hasil, jadi biaya tak langsung per ton akan turun.

Akuntan Anda membuat biaya standar untuk produk Anda berdasarkan pengalaman. Biaya sebenarnya yang menyimpang dari standar disebut dengan varians. Varians bisa saja menguntungkan atau tidak sama sekali. Tidak menguntungkan adalah ketika produksi turun karena pemadalaman listrik, dan sekarang Anda memiliki lebih sedikit unit hasil namun biaya tak langsung untuk per ton menjadi naik. Atau, efisiensi energi Anda menurun karena alat pengubah panas rusak dan akhirnya menaikan jumlah biaya langsung Anda. Itu hal yang buruk.

Menguntungkan adalah ketika Anda bisa meningkatkan hasil, atau lakukan hal lain untuk mengurangi biaya standar. Mulai mencari peluang. Anda bisa mendapatkan perhatian yang diinginkan.

Peter Welander adalah seorang manajer konten untukControl Engineering,menyandang gelar MBA, dan mendapat nilai A di kelas akuntansi biaya.
CTLx_LOGO_Color_ID

Dipersembahkan oleh ContentStream®