• Jangan membangun kembali data center Anda; lakukanlah modernisasi

Default Alternative Text
Rancangan penggantian langsung tersedia untuk meng-upgrade pemutus sirkuit yang ada dengan teknologi terbaru. Pemutus sirkuit dengan teknologi yang lebih kuno tidak lagi dipertimbangkan sebagai solusi yang berkelanjutan.

Banyak data center saat ini bergantung pada teknologi berusia 20 tahun, yang mempengaruhi produktivitas server. Dari 1.750 professional IT yang disurvey menggunakan teknologi kuno ini, 33% melaporkan terjadinya downtime mingguan. 1

Secara umum, pusat data tersebut dibangun pada 1990-an. Tentunya, fasilitas ini tidak siap untuk bersaing dengan banyaknya pengguna dan/atau kemajuan teknologi selama beberapa tahun belakangan ini. Dihadapkan dengan infrastruktur yang menua, manajer IT memiliki alternatif sebagai berikut:

  1. 1. Membangun data center baru
  2. 2. Kolokasi
  3. 3. Melakukan upgrade terhadap infrastruktur yang ada, dimulai dari keandalan daya

Manfaat memodernisasi infrastruktur

Keandalan jangka panjang dari peralatan listrik merupakan kebutuhan mendasar bagi fasilitas misi-kritis. Meskipun listrik mungkin masih 'on', sistem listrik mungkin tidak cukup kuat untuk mendukung teknologi yang dibutuhkan oleh data center saat ini.

Perangkat switchgear adalah pusat dari sistem distribusi daya listrik. Perangkat ini terdiri komponen pasif (struktur bus horisontal dan vertikal) dan komponen aktif (pemutus sirkuit listrik). Fungsi utama dari komponen aktif adalah untuk melindungi aset listrik hilir dan memutuskan rangkaian serta melindungi personil bila terjadi peristiwa busur api. Kedua komponen pasif dan aktif memerlukan pemeliharaan teratur dan terjadwal untuk membantu memastikan keandalannya.

Bahkan perangkat yang dipelihara secara baikpun, dapat mengalami dua fenomena kunci ini:

  1. 1. Perangkat akhirnya turun performanya dan mencapai akhir masa pakainya, tidak peduli berapa banyak perawatan dilakukan.
  2. 2. Kemajuan teknologi - baik dalam ilmu material dan kontrol berbasis mikroprosesor - memfasilitasi produksi pemutus sirkuit yang lebih modern dengan fitur-fitur baru, antara lain kinerja yang lebih baik, mengurangi berbagai persyaratan perawatan, dan diagnosa on-board. Akibatnya, pemutus sirkuit dengan teknologi yang lebih kuno tidak lagi dianggap sebagai solusi berkelanjutan.

Pemutus sirkuit listrik yang diproduksi sebelum tahun 1980-an menggunakan dash-pot digerakkan unit trip, dan bearing, arch chute serta kontak yang digunakan membutuhkan pemeliharaan rutin. Pengenalan unit trip solid state dan bahan pelumasan yang ditingkatkan menghasilkan kemajuan yang signifikan dalam desain sirkuit pemutus. Komposit modern, yang menggabungkan bingkai pemutus sirkuit dengan bahan insulasi, memberikan peningkatan lebih lanjut.

Mengikuti inovasi ini, pemutus sirkuit Schneider Electric Masterpact™ M-series dengan cepat menjadi pekerja keras industri dan muncul dalam jumlah besar di data center, gardu listrik, fasilitas industri, dan hampir setiap instalasi lain pada 1990-an dan awal 2000-an. Melihat ke hari ini: teknologi pemutus sirkuit saat ini memiliki perangkat tambahan yang tidak tersedia 15-20 tahun yang lalu. Oleh karena itu, merupakan solusi yang layak untuk dipertimbangkan, untuk upgrade perangkat dengan pemutus sirkuit terbaru yang muktahir. Metode yang ada untuk beradaptasi dengan pemutus sirkuit teknologi terbaru menjadi sel switchboard atau switchgear yang pada awalnya dirancang untuk pemutus sirkuit Masterpact M.

Upgrade dari pemutus sirkuit ini dilakukan oleh proses yang disebut retrofit, dimana struktur switchgear bus yang ada dibiarkan utuh, dan hanya pemutus sirkuit dan draw-out cradle yang diganti. Proses ini menjaga footprint switchgear yang sudah ada sehingga saluran dan kabel tidak terganggu. Terlibat dalam proyek semacam ini sebaiknya melibatkan evaluasi rekayasa dari sistem.

Pertimbangkan penghematan biayanya

Upgrade perangkat yang ada dengan pemutus sirkuit muktahir adalah pendekatan efektif-biaya yang tidak mengorbankan keandalan dari switchgear. Fitur yang tergabung dalam pemutus sirkuit baru termasuk unit solid state trip, kemampuan komunikasi, bahan pelumasan yang diperbarui dan komposit modern. Struktur dan footprint switchgear tetap utuh, meminimalkan biaya pembongkaran dan downtime - juga kemampuan untuk menunda biaya belanja modal yang terkait dengan perakitan baru. Bahkan lebih baik lagi, sistem tenaga listrik telah ditingkatkan untuk mendukung operasi data center guna meningkatkan keandalan, ketersediaan, dan uptime.

1 Reza Tajali, P.E., Brocade Communications Systems (www.brocade.com).
Tn. Tajali adalah Insinyur Teknik di Schneider Electric Engineering Services (AS).
Artikel ini awalnya diterbitkan di edisi Data Center Journal. 

Waktunya untuk upgrade? Cari tahu lebih lanjut tentang ECOFIT™ Installation Services dari Schneider Electric
Pelajari lebih lanjut