• Lima cara untuk mengurangi konsumsi energi di pabrik Anda

Default Alternative Text

AndatakdapatmengendalikansesuatuyangtakAndaketahui Tapi bisa jadi ada terlalu banyak kebaikan. Kebanyakan sistem distribusi tenaga listrik menggabungkan sejumlah peralatan yang dapat berkomunikasi dan memberikan sejumlah besar data. Penggunaan alarm dapat membantu mengidentifikasi masalah, tetapi ketika sejumlah alarm mati secara bersamaan, sulit untuk membidik mana alarm harus ditangani terlebih dahulu.

Membuat dasbor tinjauan untuk mengidentifikasi masalah sistem atau peralatan yang muncul dapat membantu Anda dalam mendapatkan tujuan operasional dan keselamatan. Sumber Eaton

Membuat dasbor tinjauan untuk mengidentifikasi masalah sistem atau peralatan yang muncul dan memastikan bahwa fasilitas Anda berada di jalur yang benar:

  • Memenuhi tujuan keuangan
  • Mencapai tujuan keselamatan dan operasional
  • Menyadari inisiatif keberlanjutan
  • Mengakomodasi standar lingkungan

Bergerak melampaui notifikasi alarm untuk mengelola, menganalisa, dan menjalankan penggunaan dan ketersediaan komponen listrik. Sehingga Anda bisa mengelola energi di fasilitas Anda secara proaktif dan terprediksi.

1 Kumpulkan dan analisa informasi energi

Penting untuk memantau dan mengelola sistem distribusi listrk bagi kesuksesan penghematan energi dan operasi yang dapat dipercaya. Dengan sistem manajemen daya listrik (EPMS), Anda dapat melacak penggunaan data yang sedang berlangsung dan riwayatnya untuk mengidentifkasi, melacak, dan meningkatkan praktik pemborosan energi.

Sekarang, memperoleh informasi energi dan daya untuk membuat keputusan operasi yang proaktif dan efisien sudah menjdi lebih mudah. Pemantauan daya tidak lagi perlu melibatkan solusi yang mahal untuk melakukan instalasi dan update, perubahan sistem listrik membuatnya ketinggalan zaman.

Solusi perangkat lunak berbasis web baru dirancang untuk menginstal dan mengkonfigurasi dengan cepat sehingga sistem bisa bekerja dengan cepat. Selain itu, pembaruan bersifat intuitif, menjadikannya mudah untuk menambah atau mengurangi perangkat sebagai perubahan sistem listrik; sehingga EPMS teris memberikan gambaran sistem listrik yang akurat dari waktu ke waktu.

Selanjutnya, EPMS dapat mengintegrasikan produk pihak ketiga dan sistem fasilitas penting lainnya (termasuk sistem pengelolaan gedung (BMS), sistem keamanan, dan sistem alarm kebakaran). Ini akan membantu dalam penghimpunan data kompleks menjadi sebuah platform manajemen terpadu untuk pengambilan keputusan yang tepat.

2 Pastikan sistem beroperasi sesuai rencana

EPMS dapat membantu memverifikasi apakah sistem distribusi listrik fasilitas sudah terpasang, terkalibrasi, serta bekerja sesuai ekspektasi dan tujuan. Ketahui apakah sistem Anda berjalan sesuai rencana dan lakukanlah penyesuaian seperti yang dibutuhkan. Sistem distribusi listrik berkembang dari waktu ke waktu sebagaimana peralatan baru diperoleh, sistem disesuaikan, dan proses berubah. EPMS dapat membantu Anda dalam memastikan apakah semua peralatan distribusi listrik Anda berjalan dengan sangat efektif dan mengidentifikasi peningkatan-peningkatan.

Sleain itu, hanya dengan memantau peralatan distribusi listrik, bisa saja Anda menemukan cara untuk mengurangi biaya energi.

Seperti yang ditunjukkan oleh efek Hawthorne, Anda mungkin mengubah kebiasaan hanya dengan mengukurnya. Dengan menjaga pemakaian energi, Anda bisa menemukan cara untuk melakukan penghematan.

Kelola operasi

Secara konstan, EPMS mengumpulkan informasi dan memberikan kemampuan untuk mengukur ketersediaan, muatan, dan pemakaian secara real time. Bagi fasilitas yang menggunakan ratusan perangkat untuk mengelola, memantau, dan melacak, sistem pusat diperlukan untuk menyatukan data dari perangkat, sirkuit atau muatan menjadi informasi yang dapat dipahami dan ditindaklanjuti.

EPMS memungkinkan untuk memantau operasi dan status dari semua komponen listrik yang sedang bekerja di gedung, dan mengarahkan pengukuran pada komponen-komponen tersebut dari waktu ke waktu dalam mencari perubahan. Ketika terjadi perubahan, informasi dapat digunakan untuk menyelidiki dan menanggapi secara proaktif sebelum terjadi kegagalan layanan.

Dengan menggunakan EPMS, Anda dapat membandingkan peralatan atau fasilitas pemakaian energi dan mengidentifikasi praktik yang tidak efisien. Perangkat lunak dapat membantu Anda menghitung pengembalian pada perubahan kebiasaan dan mengganti peralatan.

Mengidentifikasi masalah

Hanya perlihatkan informasi perangkat yang ingin Anda ketahui. Sederhanakan manajemen alarm. Periksa pemakaian energi dan data permintaan. Bandingkan dan arahkan data serta lihat representasi sejajar sistem listrik Anda.

Dasbor tinjauan pengguna EPMS menyediakan informasi yang dibutuhkan dalam sekejap, sehingga Anda dapat menentukan penyimpangan energi dan listrik yang dibutuhkan untuk mencapai penghematan biaya, mencegah kematian peralatan atau proses dan mendukung inisiatif berkelanjutan. Dasbor tinjauan juga bisa membantu Anda dalam mengidentifikasi masalah peralatan atau sistem sebelum masalah besar muncul.

5 Ubah kebiasaan buruk

Perangkat lunak memudahkan Anda dalam melihat kemana energi dibuang dan menyadari penghematan. Apakah ini hanya sekedar masalah mematikan lampu pada malam hari, menggunakan mesin atau peralatan untuk mengurangi biaya permintaan, atau pergeseran operator untuk mengambil keuntungan dari tarif listrik yang lebih murah, menggunakan sistem EPMS untuk mengoptimalkan penggunaan energi fasilitas Anda. Tetapkan tujuan dalam mengurangi permintaan lonjakan daya dan identifikasi operasi serta sistem yang bisa digeser untuk mengurangi biaya energi. Gunakan EPMS untuk memahami bagaimana perubahan oprasional bisa berdampak pada laba bersih - tanpa memperbarui atau memperbaiki peralatan.

Pemberian imbalan

Kemampuan manajemen dan pemantuan daya menghasilkan keyakinan - keyakinan bahwa sistem daya sedang melakukan hal yang seharusnya dilakukan, bahwa pegawai akan segera diberitahu tentang kondisi waspada secara tepat waktu sehingga mereka bisa menyelesaikan masalah, bukan hanya bereaksi, dan keyakinan akan kemampuan untuk memprediksi dan mencegah masalah sebelum muncul ke permukaan.

Untuk fasilitas industri yang rumit sekarang, EPMS bukanlah sebuah barang mewah. EPMS adalah alat yang menjada pabrik Anda agar tetap bekerja secara efektif dan efisien.

Ada banyak pemasok EPMS yang berbeda dan berbagai tingkat dan poin biaya. Ketika mencari solusi yang tepat untuk fasilitas Anda, pilih satu yang paling memenuhi kebutuhan bisnis Anda, dan perlu diingat bahwa EPMS yang efektif harus menyediakan ekspansi sederhana sebagaimana sistem Anda tumbuh dan menghasilkan nilai lebih dari waktu ke waktu.

Marty Aaron adalah manajer produk di Eaton untuk produk perangkat lunak dan konektivitas yang memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman dalam bidang industri listrik dengan keahlian di ranah industri kendali motor dan qualitas daya.
PLEx_Logo_Color_TM

Didukung oleh ContentStream®