• Bagaimana pusat data dapat menurunkan biaya energi

Data Center Technicians working on a computer away from the Data Center console.

T: Apa tantangan terbesar yang dihadapi data center?
J.
Data center menghabiskan 2% tenaga listrik di AS. Karena biaya listrik semakin tinggi, para pengusaha memikirkan cara untuk memperkuat data center mereka. Beberapa data center terbesar di dunia menggunakan sumber energi alternatif untuk mengurangi biaya dan tegangan pada jaringan pintar. Sebagai contoh, perusahaan seperti Apple menggunakan energi matahari. Namun, kebanyakan pengusaha tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk membangun infrastruktur energi terbarukan. Untungnya, target pengurangan emisi sebesar 30% sampai 50% tidak di luar jangkauan mereka.

T: Bagaimana pengusaha menerapkan energi terbarukan?
A.
Sumber daya energi terbarukan memang dapat mengurangi biaya, namun harga yang harus dibayar juga tidak sedikit. Kekeringan dan tingkat air rendah dapat meningkatkan harga PLTA hingga satu minggu. Minggu berikutnya, banjir akan menurunkan harga secepat kilat. Berbagai faktor membuat biaya makin sulit diprediksi. Pendekatan yang diperhitungkan untuk pengelolaan energi dapat membantu pengusaha mendapatkan sumber daya energi yang paling efektif kapanpun, khususnya jika mereka bermitra dengan pihak ketiga, penyedia layanan ramah lingkungan.

T: Bagaimana lagi cara mencapai penghematan energi?
A.
Energi efisiensi sangat penting. Dan, desain data center membantu Anda untuk mencapai efisiensi energi dan menjaga permintaan daya tetap terkontrol. Misalnya, sistem penahan udara dapat mewujudkan penghematan hingga 25% dan alat penghangat dapat memangkas energi melalui penggunaan "pendingin gratis". Diperkirakan permintaan energi dapat berkurang hingga 30% dengan penggunaan energi yang tepat.

Sekarang, lihat respon permintaan yang telah diubah menjadi pasar energi. Pengusaha dapat menentukan kapan waktu terbaik untuk menggunakan listrik dan bekerja sedekat mungkin dengan pemasok energi dan menjua kembali energi yang tidak terpakai pada waktu puncak, mendatangkan keuntungan baru. Ya, respon permintaan memerlukan keterlibatan langsung, namun hasilnya yang didapat sepadan karena mampu mengurangi emisi karbon hingga 50% selama 20 tahun.

Untuk mempelajari bagaimana solusi Schneider Electric dapat membuat pusat data Anda lebih hemat energi dan membantu Anda berkontribusi terhadap keberlanjutan global.
Pelajari lebih lanjut