• Bagaimana perusahaan keuangan dapat menciptakan nilai bisnis strategis dari keberlanjutan

Default Alternative Text
Bagaimana perusahaan keuangan dapat menciptakan nilai bisnis strategis dari keberlanjutan

Tidak ada bank, perusahaan asuransi, dan perusahaan keuangan lainnya yang mencari program manajemen energi dan keberlangsungan sebagai “sesuatu yang baik untuk dimiliki.” Saat ini, inisiiatif tersebut berdampak langsung pada perusahaan.

Faktanya, 93% dari survey yang dilakukan Standard & Poor 500 CEO mengatakan bahwa keberlangsungan merupakan hal “penting” untuk kesuksesan bisnis mereka. Survey yang sama dilakukan oleh Carbon Disclosure Project mengindikasikan 65% dari elselutif layanan keuangan percaya bahwa penghematan energi dan keberlangsungan memberikan keuntungan bisnis yang strategis.

Keberlangsungan dapat memberikan hasil yang dapat terukur
Program keberlangsungan dapat mencapai target efisiensidi berbagai area dalam organisasi keuangan, termasuk data center. Sebagai contoh, tipikal bank komersil atau portofolio bangunan perusahaan asuransi termasuk tipe bangunan untuk cabang yang berbeda, masing-masing fasilitas dengan profil penggunaan energi yang bervariasi. Walaupun melakukan penghematan energi pada setiap bangunan terlihat kecil, tapi sebuah perusahaan bisa menghemat hingga USD3 juta, menurut laporan penemuan Deloitte.

Lebih lanjut, laporan 2014 KPMG memperkirakan bahwa pengeluaran energi tahunan pada industri jasa keuangan di seluruh dunia mencapai USD10 milyar. Dengan membuat peningkatan dalam pembelian energi dan memperkuat efisiensi energi, industri jasa keuangan dapat menghemat hingga 20% pada biaya energi per tahun, atau mendekati USD2 milyar.

Element keberhasilan program
Hampir 59% responden dari survey yang diadakan oleh International Finance Corporation mengatakan bahwa keuntungan meningkat dengan menerapkan program keberlangsungan. Bagi para pemerhati pasar, hasil ini dalam praktik keberlangsungan bisnis membuktikan investasi positif.

Program keberlangsungan yang dirancang dengan baik dapat membantu industri jasa keuangan mengoptimalisasikan keuntungan investasi dengan beberapa cara:

  • Pengenalan merek ditingkatkan
  • Keuntungan kompetitif di bawah kondisi pasar yang sulit
  • Menciptakan arus keuntungan baru
  • Peningkatan margin dan keuntungan
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan dan keterlibatan karyawan
  • Konsumsi sumber daya yang lebih rendah

Meletakkan dasar
Sebuah program keberlangsungan yang efektif dan manajemen energi mencerminkan pergeseran dari pendekatan public relation pada strategi yang berdasarkan ilmiah dan bisnis jangka panjang. Apalagi? Ini bukanlah proyek satu waktu yang dilakukan oleh satu orang, tapi ini merupakan proses yang melibatkan pekerja, pelanggan, dan pemegang saham.

Program yang berhasil mengikuti metodologi sederhana yang dapat diringkas menjadi tiga langkah berikut:

  • Langkah 1 Menentukan strategi - Strategi yang dapat dijalankan membutuhkan investasi waktu dan sumber daya, serta eksekutif dan komitmen.
  • Langkah 2 Memberikan efisiensi - Peningkatan efisiensi termasuk dalam tujuan perusahaan membuat langkah untuk memprioritaskan dan mendanai proyek-proyek efisiensi energi potensial dan mengembangkan rencana eksekusi menjadi lebih mudah.
  • Langkah 3 Mempertahankan hasil - Pemantauan efisiensi perusahaan dan perbaikan terus-menerus diperlukan untuk mempertahankan hasil yang berkelanjutan dan memanfaatkan peluang baru penghematan.

Gambar_keuangan_2

Peran teknologi
Perangkat lunak pengelolaan energi memungkinkan pengusaha untuk memantau dan menganalisis data secara efisien, serta menghilangkan metode manual yang rentan kesalahan. Karakteristik ideal dalamm solusi perangkat lunak meliputi:

Modular arsitektur infrastruktur Pendekatan “bayar saat Anda tumbuh” memfasilitasi ekspansi arsitektur infrastruktur dengan investasi dan risiko minim. Perangkat lunak terbuka dan terkoneksi. Saat merancang efisiensi operasional, perangkat lunak terbuka dan terkoneksi menyederhanakan integrasi lintas manajemen energi, otomatisasi bangunan, dan manajemen data center, selain itu juga membantu menekan biaya. Pengumpulan data yang akurat. Perangkat seperti alat ukur dan sensor, mengumpulkan dan meneruskan data ke perangkat lunak manajemen untuk diproses. Mengelola layanan, seperti memvalidasi dan memantau pengumpulan dapat dapat memperkuat kualitas data. Pemantauan dan kontrol intuitif Manager dapat mengakses konsolidasi dan data agregat dan memvisualisasikannya ke dalam perilaku yang sangat berarti, serta dapat menyederhanakan proses pengambilan keputusan dan tindakan. pakar eksternal dan analisis canggih Pemantauan dan analisis data real time terus-menerus dari sensor bangunan, sistem kontrol, dan pengukur utilitas dapat mendukung Leadership in Energy & Environmental Design (LEED)insentif dan menyingkap peluang penghematan. Partisipasi proaktif pengetahunan manajemen energi dan konsultan keberlangsungan dapat menambah nilai. Teknologi nirkabel rendah biaya dan perangkat lunak pengiriman “cloud” dan pelayanan. Memanfaatkan solusi canggih saat ini dapat menurunkan biaya penggunaan energi di seluruh bangunan dalam berbagai ukuran dan tujuan. Mengubah biaya implementasi inisial dari pengeluaran modal menjadi biaya operasional berulang dapat mempersingkat waktu ROI.

Sebuah program keberlangsungan yang berhasil dapat membantu perusahaan jasa keuangan untuk bersaing dengan competitor, menaikkan margin, meningkatkan loyalitas pelanggan dan keterlibatan karyawan, serta menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan energi.

Pemahaman para pakar dari Schneider Electric dapat membantu firma keuangan untuk mewujudkan rencana efisiensi energi. Untuk detailnya, unduh "Dampak Program Keberlanjutan dan Pengelolaan Energi terhadap Performa Industri Keuangan."
Pelajari lebih lanjut