• Bagaimana keputusan perencanaan dapat berdampak terhadap keuntungan pertambangan

Workers at coal storage facility, mining industry.
Bagaimana keputusan perencanaan dapat berdampak terhadap keuntungan pertambangan

Perubahan pasar dalam industri tambang menyebabkan pergeseran rantai pengelolaan pemasok, namun beberapa perusahaan tidak menghadapi kenyataan dengan cepat. Untungnya, metodologi baru memungkinkan tim perencanaan membuat keptuusan yang tepat sebelum masalah tersebut berdampak pada produksi.

Filosofi bisnis pertambangan saat ini telah berubah dari "produk biaya apapun" menuju "hanya memproduksi apa yang menguntungkan." Menurut penelitian tahun 2013 yang dilakukan oleh PricewaterhouseCoopers, perusahaan tambang terkemuka di dunia saat ini fokus pada pengelolaan produktivitas dan meningkatkan efisiensi daripada sekadar peningkatan volume produksi.

Tantangan "variabilitas". Sifat alami industri pertambangan mengharuskan tim perencanaan untuk membiarkan berbagai variabel saat menjadwalkan dan merencanakan untuk setiap tahap operasi penambangan. Variabel ini termasuk:

Permintaan pelanggan. Jadwal pengiriman dan pemuatan. Fungsi proses dan transportasi kompleks. Pemenuhan persyaratan. Model geologi vs kesenjangan nyata. Efisiensi energi. Ketersediaan peralatan dan kapasitas. Kondisi cuaca. Tekanan perubahan iklim politik

Dalam operasi tradisional, perusahaan tambang bergantung pada sistem terpisah untuk perencanaan dan aktivitas penjadwalan. Tim perencanaan diharuskan menggunakan sistem terpisah untuk setiap fungsi, bekerja dengan seperangkat asumsi dan parameter yang menghasilkan rencana tunggal. Sistem kerap beroperasi sebagai silo, membuatnya kesulitan untuk mengonsolidasikan informasi. Karena itu, perencana tidak bisa melihat gambaran besar, yang akan membuat mereka "bertengkar" sebagai pemecah masalah daripada pencegah masalah. Hasilnya, ketidakefisienan pada tahap ekstraksi pertama dapat memengaruhi proses dan berdaampak pada tingginya biaya, serta sumber daya yang terbuang percuma.

Metodologi perampingan perencanaan. Teknologi saat ini dapat menstandardisasi pendekatan menuju ke perencanaan dan penjadwalan di seluruh fungsi rantai pemasok tambang dan waktu, memfasilitasi pemodelan dan optimalisasi yang akurat Dengan perencanaan yang terintegrasi, penambang dapat melacak keputusan melalui rantai pemasok untuk memprediksi dampak pada pengiriman atau permintaan.

Grafik 1: Sebuah model terintegrasi memungkinkan tim perencanaan untuk mengelola lingkungan air, tempat di mana keputusan jangka pendek dapat memengaruhi keuntungan jangka panjang

Model terintegrasi dapat memetakan kerumitan rania pemasok dan membuatnya lebih mudah mencari daerah terdampak pada proses lain. Perencana dapat menganalisis ketersediaan, kinerja, dan kapasitas peralatan lebih baik lagi, dan mengaplikasikannya pada kalender:

Mempertimbangkan contoh: Sebuah perubahan urutan ekstraksi tambang mungkin memengaruhi pengiriman yang masih 10 hari lagi, namun tim perencanaan harus membuat keputusan ekstraksi dalam 24 jam berikutnya. Dua tim terpisah mengelola perencanaan dan penjadwalan. Kecuali mereka melihat informasi yang sama dalam representasi rantai pasokan terpadu, hasilnya bisa menjadi produk yang salah tiba di tempat yang tepat pada waktu yang salah. Bagaimanapun juga, dengan sistem terintegrasi, tim perencanaan akan dapat membuat keputusan berdasarkan kebenaran sukses dan terkoordinasi.

Grafik 2: Tipe integrasi cakrawala perencanaan perusahaan tambang.

Lingkungan pertambangan saat ini menjadi lebih dinamis, menjadi tempat dengan banyak tekanan bagi tim perencanaan untuk bisa selalu merespon perubahan dengan cepat. Mengingat bahwa variabilitas tersebut akan selalu ada untuk perusahaan pertambangan dalam rantai pemasok sumber daya ke pasar, perusahaan tambang dapat merangkul, memahami, dan mengandalkannya dengan menggunakan peralatan dan teknologi yang dapat membuat proses pengambilan keputusan dan pemodelan menjadi lebih baik.

Schneider Electric menawarkan panduan perencanaan perangkat pendukung untuk operasi pertambangan
Pelajari lebih lanjut