• Bagaimana mengembangkan rencana kesinambungan yang sukses

A business man and woman reviewing company's big data analytics, sustainability reporting, facility management software.
Perangkat lunak pemantauan energi sangat penting untuk mencapai kesuksesan strategi ramah lingkungan.

Perusahaan menyadari bahwa mereka memerlukan strategi ramah lingkungan dalam kompetisi pasar saat ini. Namun, yang paling sulit adalah menerapkan rencana yang bukan sekadar teori. Metodologi tiga langkah di bawah ini merupakan bingkai kerja untuk mengubah strategi ramah lingkungan menjadi kenyataan.

1 Memahami penggerak bisnis dan memasang target
Langkah pertama untuk menerapkan program ramah lingkungan yang komprehensif adalah memahami apa yang menjadi pemicunya. Pendorong bisnis ramah lingkungan meliputi: 

  • Sertifikasi International Organization for Standardization (ISO)
  • Regulasi pemerintah
  • harapan pemegang saham atau pelanggan
  • penghematan efisiensi garis bawah

2 Menentukan "kematangan energi" perusahaan
Untuk mencapai target mereka, perusahaan harus mencari tahu dengan tepat melalui evaluasi "kematangan energi" mereka - menentukan tingkat teknologi, dampak keuangan, dan komitmen perusahaan untuk inisiatif ramah lingkungan. Mereka dapat mengidentifikasi tujuan jangka panjang. Perusahaan dapat mengukur kematangan energi mereka dengan mempertimbangkan beberapa pertanyaan berikut:

  • Seberapa dalam nilai keberlangsungan sebuah perusahaan?
  • Apa dampak keuangan dari biaya energi?
  • Seberapa terintegrasinya sistem dan proses?
  • Bagaimana data dikumpulkan dan dinilai?

Jujur dan realistis dalam evaluasi memberikan perusahaan kebebasan dalam menentukan langkah terbaik mereka dan menetapkan tujuan pragmatik yang dapat diraih.

3 Mengakuisisi kecerdasan yang dapat diterapkan
Pengukuran dan pengendalian merupakan jantung dari pencapaian target ramah lingkungan. Anda tidak dapat mengendalikan sesuatu yang tidak bisa Anda lihat. Konsekuensinya, perusahaan membutuhkan kendaraan layak (perangkat sistem, perangkat lunak) untuk memberikan peluang pengukuran dan pengendalian. Sistem indivudal harus dirancang untuk menangkap dan berbagi data untuk menyajikan gambaran holistik dari penggunaan energi perusahaan. Kemudian, data harus dianalisis untuk mendapatkan kecerdasan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi. Mengumpulkan data sistem mulai dari bawah (pengukuran cerdsa, sensor karbon emisi) dan kemudian mengunakannya untuk menganalisis mulai dari atas ke bawah (menggunakan dashboard perangkat llunak), memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk menentukan pola penggunaan energi, memvisualisasikan biaya energi, memenuhi laporan obligasi, dan mengarahkan skenario 'jika'. Dan kecerdasan yang dapat diaplikasikan ini memudahkan perusahaan untuk mengubah strategi ramah lingkungan dari teori menjadi realita.

Ingin belajar lebih lanjut mengenai strategi keberlanjutan? Temukan laporan resmi, video, dan informasi para pakar di sini.

Pelajari lebih lanjut