• Cara membuat pusat data Anda seefisien seperti yang tersedia

Man walking through data center room, data center operations.
Saat ini mudah untuk mendapatkan visibilitas data center secara penuh.

Beban TI menjadi lebih pada untuk mengakomodasi gabungan server, karena itu memastikan jumlah pendingin dan daya yang tepat juga semakin rumit—khususnya jika Anda sudah memvirtualisasikan beban tersebut. Tanpa visibilitas kapasitas daya dan pendingin mana yang bisa menangani beban lebih banyak, Anda mempertaruhkan semua rak menjadi nonaktif karena kelebihan beban di sirkuit cabang, sebagai contoh. Atau dari sudut pandang bangunan, Anda mungkin berlebihan dalam menggunakan pendingin dengan biaya operasional yang mahal.

Melihat seluruh infrastruktur fisik data center Anda mulai dari tingkat bangunan hingga server (dan sebaliknya) sangatlah penting. Tidak hanya untuk mendapatkan gambaran ketersediaan sistem perlindungan, langkah tersebut juga memungkinkan untuk merealisasikann efisiensi operasional dan energi. Perangkat lunak Schneider Electric™ StruxureWare™ for Data Centers, contohnya, menyediakan visibilitas komprehensif, menjembatani TI dan fasilitas.

Faktanya, grafik menunjukkan peralatan TI Anda dalam lapisan infrastruktur fisik data center sehingga Anda dapat memantau dan mengendalikan sistem aktif, dan melakukan simulasi dampak gerakan, penambahan, dan perubahan dalam kaitannya dengan kapasitas sumber daya. Bagaimana hasilnya? TI dan fasilitas dengan mudah berkolaborasi untuk memastikan bahwa data center dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kapanpun.

Ketersediaan efisiensi energi dengan menjembatani TI dan fasilitas, perangkat lunak StruxureWare for Data Centers memungkinkan operator untuk menyeimbangkan efisiensi dan ketersediaan. Secara sepsifik, langkah tersebut menggabungkan pemantauan, otomatisasi, perencanaan, dan implementasi untuk menyediakan gambaran lengkap fungsi data center dari berbagai sisi—dengan kata lain memberikan informasi tepat kepada pelanggan dan waktu yang tepat.

Pengelolaan energi cerdas memungkinkan Anda melacak dan menargetkan penggunaan energi untuk mendeteksi dan memperbaiki penggunaan berlebih. Dengan gambaran pintar dari keseluruhan sistem Anda, perangkat lunak memperkenankan Anda untuk mengatur lebih banyak energi efisiensi, ketersediaan efektivitas biaya—tanpa mempertaruhkan waktu sistem aktif, perangkat lunak menempa kemampuan pemantauan daya keseluruhan, dari bangunan ke rak pendingin, dan ruang TI.

Sebagai penulis, Torben Karup Nielsen dan Dennis Bouley memberikan catatan dalam Schneider Electric white paper, Bagaimana Perangkat Lunak Pengelolaan Infrastruktur Data Center Meningkatkan Perencanaan dan Memangkas Biaya Operasional,” “Dengan menghubungkan daya, pendingin dan sumber daya ruangan ke server individual, perangkat DCIM saat ini dapat secara proaktif memberikan informasi tentang masalah infrastruktur fisik penting kepada sistem manajemen dan bagaimana dampaknya terhadap beban TI. Dalam lingkungan cloud yang dinamis dan terlihat jelas, kesadaran real time terhadap perubahan kapasitas daya dan pendingin secara konstan sangat penting untuk menyelamatkan penempatan server. Perangkat lunak StruxureWare for Data Centers software merupakan salah satu alat canggih dari DCIM.

Menangani peningkatan penambahan kerumitan TI, perangkat lunak StruxureWare for Data Centers berintegrasi dengan platform pengelolaan virtualisasi terdepan (VMware® vSphere™ and Microsoft® System Center Virtual Machine Manager) untuk menyediakan kemampuan respons otomatis terintegrasi. Artinya adalah beban virtual selalu memiliki lingkungan tuan rumah yang sehat; jika server tuan rumah terancam oleh isu kelebihan panas, perangkat lunak tersebut dapat menggerakan beban dinamis secara otomatis sebelum risiko meningkat.

Otomatisasi juga merupakan peralatan kerja yang memungkinkan operator untuk mendelegasikan perintah kerja, memesan ruangan, melacak status, dan mengekstraksi jalan audit untuk mendapatkan visibilitas lengkap dan sejarah untuk mengubah siklus ketika peralatan masuk dan keluar. Jadwal perawatan dapat dipetakan secara akurat dalam konteks kondisi operasional berjalan dan keadaan sistem.

Keuntungan penuh sistem dari kemampuan DCIM yang kuat Infrastruktur fisik data center Schneider Electric dengan perangkat lunak StruxureWare for Data Centers-nya dapat menghemat hingga 30 persen dalam biaya infrastruktur fisik data center selama lebih dari 10 tahun melalui optimalisasi sumber daya dan pengelolaan energi. Sebagai manager data center atau fasilitas, Anda dapat membuat data center Anda memberikan nilai strategi bisnis melalui ketersediaan efisiensi energi dan ketangkasan yang teruji.

Optimalisasi kinerja dengan modular, perangkat lunak terintegrasi

Tidak peduli apapun tantangan bisnis yang ingin Anda selesaikan—apakah itu masalah efisiensi energi, perencanaan kapasitas, atau tetap terkoneksi dengan data center Anda—perangkat lunak StruxureWare for Data Centers punya solusinya. Desain modular memungkinkan Anda untuk memilih modul bisnis yang Anda butuhkan hari ini, dengan arsitektur terintegrasi yang memberikan Anda kemampuan untuk mengukur jalan. Sekarang, simpan Business-wise, Future-driven™ data center Anda dengan menyederhanakan kebutuhan bisnis dengan kemampuan manajemen Anda.


Perangkat lunak DCIM cerdas dapat melakukan ini:

Menganalisis dan mengoptimalisasikan sumber daya. Analisis arus udara real time. Menentukan dampak dari kegagalan infrastruktur pada TI. Lacak karbon dan penggunaan sumber daya. Identifikasi kelebihan kapasitas. Menghasilkan PUE lintas fasilitas dan TI. Maksimalkan waktu aktif dengan pemantauan kualitas daya. Laporkan penggunaan daya pada rak di titik puncak dan rata-rata. Gerakkan beban virtual secara otomatis ke tuan rumah yang sehat. Menghasilkan audit jalan untuk semua lokasi aset. Mengelola ruangan dan sangkar pada fasilitas penyewa.

Untuk referensi dan langkah terbaik, baca "Bagaimana Perangkat Lunak Manajemen Infrastruktur Pusat Data Meningkatkan Perencanaan dan Memangkas Biaya Operasional."
Pelajari lebih lanjut