• IssyGrid membangun kota cerdas hemat energi masa depan

Default Alternative Text
Kota pintar di masa depan Peluang penghematan ptensial tahunan dengan menggunakan pangelolaan pendingin pintar sebesar USD11ribu/ tahun.

Dapatkah sebuah kota berkembang menjadi tempat yang lebih layak huni, Kebutuhan untuk bisa memenuhi tantangan ini merupakan bagian dari tantangan global. Dalam waktu kurang dari 40 tahun, 70 persen dari populasi dunia akan tinggal di kota-kota kita, memberikan tekanan yang besar pada infrastruktur perkotaan. IssyGrid® memberikan kita sebuah kilasan yang menjanjikan dari sebuah masa depan yang lebih efisien terhadap energi.

Terletak di kota Issy-Les-Moulineaux, arah barat daya Paris, IssyGrid adalah prakarsa distrik pintar pertama di Prancis. Proyek lima tahun ini dimulai pada 2011 untuk bertindak sebagai laboratorium hidup, mempertunjukkan bagaimana puncak penggunaan energi bisa dilancarkan di sebuah eco- pemukiman dari pengguna energi yang turut serta. IssyGrid sudah membuktikan bahwa pengelolaan sumber daya energi yang cerdas dapat menguntungkan pemilik properti, pengelola gedung dan penyewa.

Menyadap nilai dari aset-aset energi tiap bangunan
Schneider ElectricTM dan tujuh rekanan solusi besar lainnya bekerja sama dengan pemerintahan lokal, lembaga-lembaga, dan penyedia energi untuk membangun sebuah sistem yang mengelola semua aset pembangkitan dan penggunaan setempat, dan juga membantu menetapkan jalur-jalur untuk optimalisasi energi. Awalnya melingkupi kebutuhan dari hampir 10.000 orang di area seluas 1.772.000 kaki persegi di kawasan bisnis Seine Ouest, proyek ini akan segera mencakup bangunan-bangunan pemukiman sekitar.

Schneider Electric mengimplementasikan sebuah solusi pengelolaan keluwesan energi, meliputi beberapa bangunan-bangunan niaga kalangan paling atas di Issy. Solusi ini memadukan pengukuran dan pengelolaan energi di seluruh beban, sistem pengelolaan bangunan, sumber daya pembangkit terbarukan seperti panel surya, pengisi daya kendaraan listrik, dan sistem penyimpanan energi listrik. Setiap bangunan saling bertukar data dengan sebuah anjungan berbasiskan awan yang dimiliki oleh Schneider Electric, yang sebenarnya dibagi melalui standar industri OpenADR 2.0b dengan aggregator di tingkat distrik.

Algoritma cerdas membantu tiap pengelola sarana menganalisa profil beban yang dianjurkan dan mengoptimalkan penggunaan energi di bangunan mereka sebagai tanggapan atas perkiraan biaya energi tiap distrik.

Keberhasilan awal, penghematan besar Keberhasilan awal, penghematan besar
Di samping sebagai salah satu rekanan solusi di IssyGrid, kantor pusat global Bouygues Telecom merupakan salan satu bangunan yang turut serta dalam proyek. Penggunaan total rata-rata sebesar 700kW atau 500 kW, semuanya tergantung berdasarkan beban sistem pendingin. Yang lainnya yaitu pasokan pengisi daya kendaraan listrik sebesar 26 kW, menampilkan teknologi EVlinkTM dari Schneider Electric yang memungkinkan pengisian untuk dijadwalkan secara aktif. Bangunan ini juga beroperasi sebagai “prosumer” (producer + consumer / penghasil + pengguna) energi dengan panel surya menyediakan pembangkitan energi lokal dengan daya tampung hingga 26 kW.

Pendingin menggunakan sistem penyimpanan es yang mewakili fleksibilitas energi yang signifikan. Es dihasilkan ketika harga variabel dari jaringan listrik lebih rendah atau pasokan campuran “lebih hijau” dan kemuduan digunakan untuk memasok pendingin ketika harga naik. Biasanya, proses ini mampu mengurangi beban pada jaringan hingha 400kW, tanpa harus mengganggu kenyamanan gedung. Hasil awal dari strategi pendinginan pintar ini menunjukkan bahwa insentif ini bisa mencapai total antara 3 ribu sampai 11 ribu Dolar AS per tahun untuk bangunan 108.000 kaki persegi.

ROI langsung dan tidak langsung
Dengan lebih banyak bangunan telah terhubung dengan jaringan listrik pintar, proyek IssyGrid akan melanjutkan untuk mempertegas nilai dari kerjasama antara penyalur energi dan pengguna, menggunakan teknologi yang mengoptimalkan produksi energi dan penggunaan di kedua sisi meteran.

Jika sebuah bangunan memiliki rancangan yang secara umum efisien, dan memungkinkan untuk sumber daya energi yang luwes dan terkendali secara luas, imbal balik yang didapat akan lumayan. Dengan investasi modal awal kira-kira 13 ribu Dolar AS untuk peralatan yang memungkinkan tiap bangunan turut serta dalam distrik pintar, suatu bisnis dapat mendapatkan pulangan investasi di penghematan biaya operasional dalam tiga tahun. Langkah ini mungkin dilakukan selama masih beroperasi dalam batasan yang realistis sesuai tarif sewa dan nyaman.

Ada perputaran keuntungan. Suatu bangunan dengan jejak karbon yang berkurang dan efisiensi energi yang meningkat dapat menarik penanam modal dan penghuni, sementara kota-kota yang mendukung program distrik pintar bisa merasakan jaringan daya yang lebih aman dan sebuah citra “hijau” yang akan menarik usaha-usaha baru dan mendorong pemilik bangunan untuk turut serta di dalam program jaringan listrik pintar.

Pelajari lebih lanjut tentang solusi Schneider Electric untuk smart grid (jaringan cerdas).
Pelajari lebih lanjut