• Réunion menghadapi tantangan energi dengan kendaraan listrik bertenaga surya

Default Alternative Text

Pulau Réunion, departemen luar negeri Prancis di Samudera Hindia, menciptakan nama untuk dirinya sendiri sebagai uji coba di dunia nyata untuk membuat kendaraan listrik menjadi sesuatu yang lazim. Terletak sekitar 200 km di barat daya lokasi wisata Mauritius, Réunion memiliki taman nasional yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Ukuran pulau ini sama dengan Luxemburg dengan jumlah populasi mencapai lebih dari 800,000 orang.

Seperti negara lain pada umunya, pulau ini juga menghadapi tantangan perubahan iklim dan keberlangsungan energi. Dengan menerapkan pendekatan solusi komprehensif dari rangkaian program energi hijau, Réunion membuat target ambisius untuk dirinya sendiri untuk mencapai otonomi energi dengan mengurangi ketergantungan publik terhadap kendaraan mesin.

Bekerja sama untuk sukses
Untuk menerapkan penggunaan kendaraan listrik di pulau tersebut, Réunion membuat konsorsium pemegang saham di bawah nama proyek VERT (Electric Vehicle for a Technology-driven Réunion). Pada Januari 2010, Nicolas Sarkozy, Presiden Prancis, menghadiri peluncuran VERT untuk menyaksikan langsung penandatanganan dokumen uji coba 50 buah mobil listrik dengan bahan bakar matahari.

Yang memimpin konsorsium adalah pabrik mobil Renault, yang juga menyediakan kendaraan elektrik (EV). Sunzil, pemain regional utama dalam pemasangan dan operasional sistem photovoltaic (PV), bertanggung jawab untuk mendesain dan mengukur lokasi pengisian ulang. Utilitas publik EDF menjaga pemantauan berjalan dampak pengisian ulang EV pada semua jaringan energi. Stasiun pelayanan TOTAL berfungsi sebagai fasilitas pengisian cadangan untuk pengemudi dan rute jarak jauh. Schneider Electric berada di lokasi untuk memasok terminal pengisian dan perangkat lunak pengelolaan energi EVlinkTM dan untuk secara aktif berpartisipasi dalam menjaga dan mengevaluasi jaringan pengisian ulang.

“Schneider Electric memiliki rangkaian produk luas untuk solusi inovatif kami. Saat elemen memerlukan penyesuaian maka Schneider Electric bersedia untuk mendesain ulang,” ujar Yannick Melle, CEO dari Sunzil Indian Ocean.

Solusi pengisian ulang EVlink disesuaikan untk memberikan hasil
Kunci utama VERT adalah stasiun pengisian ulang Evs seharusnya tidak membebani jaringan listrik utama pulau. Memanfaatkan energi matahari menjadi keahlian khusus Réunion. Memanfaatkan energi matahari lokal dan bberkolaborasi dengan anggota konsorsium, Schneider Electric mengerahkan pakar yang mereka miliki untuk membangun stasiun pengisian ulang tenaga matahari otonom, di mana daya yang diperlukan dihasilkan pada tempat yang sama daya dikeluarkan.

Pada Desember 2011, sistem EVlink yang disesuaikan pertama kali untuk memenuhi kebutuhan Réunion berhasil dipasang di kantor pusat EDF. Tiang terminal EVlink terhubung pada baterai yang diisi ulang menggunakan panel PV. Inverter PV hybrid dipasang untuk mengakses jaringan pusat EDF sebagai cadangan jika sesuatu yang tidak terduga terjadi.

VERT lainnya memastikan bahwa kesuksesan mereka adalah kepuasan para pengguna EV. Baik pemilik EV untuk hunian maupun untuk operasional bisnis, pengalaman saat menggunakan EV harus sama seperti menjalankan motor mesin pembakaran dalam hal kesiapan, keamanan, keandalan, dan kenyamanan untuk "mengisi ulang". Bagi para manajer kapal, solusi EVlink dapat memastikan kendaraan selalu bisa mengoptimalkan biaya yang mereka keluarkan melalui pengisian ulang otomatis berdasarkan jadwal, prioritas, dan jarak. Pemilik EV untuk hunian akan merasakan kenyamanan dan penghematan dengan mengisi ulang kendaraan mereka di rumah sendiri dengan menggunakan charger EVlink Residential. Semua pengemudi bisa mulai melakukan perjalanan jauh karena mereka dapat melakukan pengisian ulang pada stasiun TOTAL terpilih yang tersebar di seluruh wilayah.

Membuat tolak ukur
Membuat teknologi EV mudah diakses oleh umum, proyek ini juga bertujuan untuk memutakhirkan jaringan. Sebagai bagian dari solusi lengkap EV, perangkat lunak cerdas mengonsolidasikan data pola pengisian konsumen, sebagai jalan bagi para anggota konsorsium dalam menghasilkan cara terbaik untuk menciptakan infrastruktur pengisian ulang umum. Langkah ini termasuk juga rekomendasi untuk menentukan rasio maksimal stasiun pengisian ulang ke EV, untuk meminimalisasi modal dan biaya operasional sekaligus mengoptimalkan laba investasi.

Pelajari lebih lanjut tentang solusi pengisian ulang EVlink, hari ini!
Pelajari lebih lanjut