• Memperbaiki akses terhadap energi

Default Alternative Text
Desa Pitti-Gare merupakan rumah dari Villasol yang didirikan oleh mitra Schneider Electric: Instrumelec. Foto milik René-Pierrot Ekoé.

Listrik. Banyak dari kita yang menyia-nyiakannya. Karena listrik di banyak negara berkembang sudah tersedia, aman, dan dapat diandalkan.

Namun, untuk orang-orang yang ada di dasar piramida energi, akses terhadap listrik merupakan tantangan yang sistemik. Mengetahui keterbatasan tersebut dan konsekuensinya terhadap ekonomi, pendidikan, dan teknologi, Schneider Electric™ meningkatkan usahanya dalam mendukung proyek dan pelatihan energi di negara-negara miskin dan terpencil melalui Program BipBop. BipBop merupakan akronim dari Business, Innovation, and People at the Base of the Pyramid.

Menciptakan listrik berkelanjutan di Pitti-Gare

Tahun lalu, misalnya, Schneider Electric menyelenggarakan proyek di desa Pitti-Gare, Kamerun, yang tidak terhubung secara langsung dengan jaringan listrik nasional. Menurut French Agency of Development (AFD), 95% orang yang tinggal di daerah pedesaan Kamerun tidak memiliki akses listrik.

kini, kehidupan di Pitti-Gare berubah sejak Schneider Electric membangun Villasol, pembangkit listrik mikro tenaga surya.

Solusi elektrifikasi pedesaan terdesentralisasi ini terdiri dari panel surya, bank baterai, dan stasiun pengisian baterai yang memungkinkan sistem pengisian daya komunal. Fasilitas tersebut memenuhi kebutuhan domestik, usaha, dan komunitas seperti sekolah, pusat kesehatan, persediaan air, dan pencahayaan umum — tanpa terhubung ke jaringan listrik nasional.

Menurut René-Pierrot Ekoé, Insinyur Penjualan Access to Energy, Schneider Electric Kamerun, "Afrika mampu melakukan lompatan teknologi yang tak tertandingi siapa pun. Beberapa warga Afrika mungkin tidak pernah tahu tentang telepon kabel, tapi kini mereka memiliki dua ponsel. Dengan prinsip yang sama, setiap kota baru, setiap distrik baru harus bisa memanfaatkan teknologi smart grid. Dan setiap desa harus memiliki akses terhadap energi terbarukan off-grid, tanpa menunggu pengadaan jaringan tradisional."

Banyak pejabat Kamerun yang menghadairi peresmian fasilitas tersebut, termasuk Menteri Air dan Energi, Sir Basile Atangana Kouna, dan Menteri Lingkungan, Sir Pierre Hele. Kehadiran mereka merupakan lambang ambisi politik Kamerun untuk mengembangkan akses terhadap energi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang proyek Villasol dan beberapa proyek Schneider Electric lain, kunjungi Pembuatan Shared Value kami: Laporan Strategi dan Program Berkelanjutan
Pelajari lebih lanjut