• Stedin mempersingkat durasi pengisian daya secara signifikan berkat jaringan yang bisa memulihkan diri (self-healing)

Default Alternative Text
Daerah Pelabuhan Rotterdam juga dilindungi oleh solusi self-healing dari Stedin.

Sebagai salah satu perusahaan utilitas terbesar di Belanda, Stedin memikul tanggung jawab besar. Lebih dari 2 juta pelanggan bergantung pada listriknya, termasuk kantor pemerintah, pelanggan besar dari sektor keuangan dan industri, serta Pelabuhan Rotterdam, pelabuhan terbesar Eropa.

Didorong oleh hasrat untuk melayani pelanggannya dengan lebih baik, Stedin mencari solusi yang dapat memangkas durasi pemadaman secara signifikan. Tantangannya adalah menemukan cara yang jitu dan hemat biaya untuk mengisi daya jaringan MV dengan cepat ketika ada kerusakan.

Kami membutuhkan pemantauan yang lebih baik pada sistem kami dan mengombinasikannya dengan pemangkasan waktu non-operasional. Kami pun memutuskan untuk memasang jaringan yang dapat memulihkan diri (elf-healing grid)," jelas Edward Coster, salah satu pakar Departemen Pengelolaan SM Stedin.

Mengatasi tantangan
Setelah mempertimbangkan pilihan-pilihannya, Stedin memilih Schneider Electric™. Kedua perusahaan sudah memiliki hubungan baik di berbagai proyek terdahulu, dan tim Schneider Electric mampu melihat dan menghindari beberapa masalah teknis. Hasil dari kemitraan ini adalah jaringan self-healing bawah tanah yang terdesentralisasi, jenis pertamanya di Eropa.

Solusi self healing ini dibuat berdasarkan produk yang sudah ada — Easergy T200 Remote Terminal Unit — yang bisa dibangun hanya dengan sedikit rekonfigurasi, secara signifikan menyederhanakan proyek dan mempercepat ROI. Tambah lagi, berkat fleksibilitas Easergy T200, solusinya terskala dan dapat diterapkan di lokasi lainnya.

Bagaimana cara kerjanya? 
Setelah terpadang di cabang utama MV dalam jaringan open-loop, Easergy T200 menjalin komunikasi peer-to-peer menggunakan jaringan virtual pribadi. Jika terjadi kerusakan di dalam jaringan, pusat kendali akan diberitahu, tetapi tidak perlu menunggu respons operator. Easergy T200 akan berkomunikasi satu sama lain, secara otomatis menemukan kerusakan tersebut, mengisolasinya, kemudian menenagai bagian jaringan yang tidak terpengaruh.

"Solusi self-healing memungkinkan Stedin menemukan dan mengasingkan kerusakan MV secepat mungkin tanpa mengganggu banyak pelanggan," kata Lucas Pellegrin, Wakil Presiden Feeder Automation Schneider Electric.

"Ketika saya bilang secepat mungkin, artinya kurang dari satu menit untuk merekonfigurasi keseluruhan jaringan," ia menambahkan.

Menanamkan kecerdasan ke dalam jaringan
Solusi jaringan self-healing bawah tanah dari Stedin terdiri dari jaringan open-loop dengan sekitar 33 cabang MV di pusat kota Rotterdam. Jaringan ini diresmikan pada Juni 2012. Seluruh proyek ini rampung dalam satu tahun, dari desain sampai pengisian energi.

"Saya percaya bahwa kami harus melayani pelanggan dengan lebih baik lagi, karena itulah kami menanamkan self-healing — dan kecerdasan — ke dalam jaringan kami," kata Marko Kruithof, Manajer Koordinasi Jaringan Stedin.

Kini, pemadaman yang biasanya bertahan hingga dua jam dipangkas hingga di bawah 30 detik. Itu berarti ketersediaan listrik yang lebih besar untuk pelanggan komersial penting, juga untuk kantor pemerintah. Selain itu, dengan mengisolasi bagian yang rusak secara otomatis, proses pencarian, diagnosis, dan perbaikannya pun jadi lebih cepat.

"Listrik sangat penting sekarang ini. Bagaikan air dan udara. Listrik ada di mana-mana," Kruithof menyatakan. "Pemadaman haruslah sesingkat mungkin karena, ketika terjadi pemadaman, hidup tidak bergerak."

Lihat sendiri bagaimana solusi jaringan self-healing bekerja. Simak tayangan: Stedin: Utilitas Self-Healing
Pelajari lebih lanjut