• Tanggung jawab atas tagihan energi Anda

Mid adult businessman looking at digital tablet, portrait

Fokus industri: Industri logam merupakan konsumen energi dalam jumlah besar yang membuat mereka menjadi target pasar para vendor teknologi pengendali permintaan. Sumber: Powerit Solutions
Saat ini, umumnya para manager pabrik memahami penuh kasus setiap bisnis untuk menghemat energi dalam proses produksi. Namun, masih banyak juga yang berjuang menemukan strategi penghematan energi yang tepat.

Tantangan selanjutnya adalah menyeimbangkan mandat perusahaan kembar untuk memangkas biaya listrik dan memenuhi harapan pelanggan, seperti produk berkualitas baik dan pengiriman tepat waktu.

Kebutuhan penting untuk mencapai presisi ketika membuat produk dengan spesifikasi membuat persamaan manajemen energi semakin rumit.

Tidak peduli apapun yang Anda buat--sirkuit elektrik, furnitur kayu, ataupun mainan plastik--tolak ukur suhhu dan waktu sangat menentukan waktu pengiriman barang dan keinginan pelanggan untuk membeli. Dan mengelola paramater tersebut dengan tepat membutuhkan sejumlah penggunaan energi.

Pemilik pabrik semakin sulit menemukan cara untuk menjadi pengguna listrik yang hemat mengingat utilitas telah menjadi bagian dari lembaga penagih yang akan memberi sanksi kepada pengguna energi dalam skala besar. Program ini akan memberikan sanksi kepada mereka yang menggunakan energi dalam jumlah besar ketika permintaan listrik pada jaringan sedang berada pada titik tertinggi, yang berdasarkan sejarah sangat lazim terjadi pada pabrik saat beroperasi.

Pentingnya pengelolaan energi

Navigant Research memberikan pendapat bahwa pengelolaan efisiensi energi ke depan akan sama pentingnya dengan kualitas produk dalam menentukan posisi daya saing industri. Yang juga penting, menurut Navigant, tercermin dalam kompilasi pertumbuhan tarif tahunan untuk pelayanan dan perangkat lunak pengelola energi industri.

Tarif pertumbuhan saat ini, pasar global untuk solusi pengelola energi industri hampir dua kali lipat selama tujuh tahun, dari USD 11.3 milyar pada tahun 2013 menjadi USD 22.4 milyar pada tahun 2020, berdasarkan penelitian terbaru dari Navigant.

Normalnya, industri penyuplai peralatan automasi dalam skala besar, seperti Rockwell Automation, Siemens, Invensys, dan Schneider Electric, akan sangat merasakan keuntungan dari pertumbuhan tersebut. Namun, Navigant yakin bahwa ada kesempatan potensial yang juga menguntungkan untuk pemain lainnya.

Misalnya, perusahaan TI besar seperti IBM dan SAP, yang ahli dalam menangani perangkat data dan pembaruan analisis bisnis, dapat membuat terobosan bersama pemain kecil lain yang mampu menawarkan produk yang unik dan memberikan pelayanan pelanggan khusus.

Ketika bersentuhan dengan pemain khusus, Navigant berpendapat bahwa kesuksesan mereka akan sangat terpengaruh pada kemampuan mereka menghubungan solusi unik dengan ekosistem pengelolaan energi yang telah dibentuk oleh para pemain besar.

Seattle-based Powerit Solutions cocok untuk profil vendor Navigan yang lebih kecil dan siap untuk menjadi besar di industri energi.

“Teknologi kamu bertujuan menyediakan solusi pengerlolaan energi untuk pengguna industri,” ujar Patty Solberg, product marketing director for Powerit Solutions.

Powerit menawarkan aplikasi perangkat lunak yang dapat menangani tiga aspek pengelolaan energi industri:

  • Pengelolaan puncak permintaan
  • Respons permintaan otomatis
  • Partisipasi otomatis dalam program penentuan harga real-time.

Powerit mengemas solusinya dalam satu perangkat lunak yang disebut dengan Spara DM (Demand Manager).

Hindari sanksi penentuan harga

Aplikasi pengelolaan puncak permintaan, disebut Spara Demand Control, membantu perusahaan untuk menghindari sanksi penentuan harga dengan menggunakan energi dalam jumlah besar ketika permintaan energi pada jaringan sedang tinggi. Dan langkah tersebut tanpa memaksa mereka menurunkan produksi, ujar Solberg.

“Kami memiliki lebih dari 180 pemasangan teknologi pengelolaan permintaan di seluruh Amerika Utara, yang sudah terbukti mampu mengurangi biaya permintaan puncak di berbagai fasilitas industri mulai dari 10%-30%,” ujarnya. “Langkah tersebut diterjemahkan ke dalam pengurangan biaya utilitas sebesar 5%-10%, tergantung pada ukuran fasilitas dan biaya permintaan khusus.”

Spara Demand Response, aplikasi kedua dalam perangkat Spara DM suite, melengkapi perusahaan untuk menjadi partisipan aktif dalam program respon permintaan perusahaan. Di bawah program respon permintaan, pelanggan industri bisa mendapatkan keuntungan secara finansial dengan menyetujui beberapa pembatasan penggunaan dalam periode waktu tertentu, ketika adanya tekanan ekstrem pada jaringan listrik.

Keuntungan tersebut dapat berupa potongan harga tagihan listrik, atau bisa juga berupa rabat tunai jika pengguna melibatkan jasa atau perusahaan yang khusus menyatukan program listrik dan pengelolaan energi untuk kelompok pengguna.

Hampir tidak mungkin bagi para pemilik pabrik untuk mendapatkan keuntungan penuh dari program respon permintaan tanpa bantuan dari teknologi canggih. Itu semua karena program tersebut membutuhkan pengguna untuk mengurangi penggunaan ketika utilitas menyatakan saatnya “respon permintaan”.

Pemberitahuan lebih singkat

Ketika utilitas, melalui teknologinya dapat memprediksi kapan waktu respon permintaan tiba, ada kalanya partisipan program mendapat peringatan kecil untuk menurunkan penggunaan listrik. Pada umumnya, utilitas mencoba memberikan waktu 24 jam kepada pengguna untuk menanggapi waktu respon permintaan. Namun, pada kenyataannya Dan pemberitahuan singkat tersebut dapat menyebabkan masalah besar untuk pemilik pabrik yang berusaha menjaga jadwal produksi selama menahan biaya listrik.

Ledakan teknologi industri: Pertumbuhan tarif saat ini, pasar global untuk solusi pengelolaan energi industri akan mencapai USD 22 milyar pada tahun 2020, berdasarkan penelitian dari Navigant. Sumber: Powerit Solutions
Itulah sebabnya para pemilik pabrik ingin bergabung dalam program respon permintaan seperti Spara Demand Response. Aplikasi ini memungkinkan pemetaan konsumsi energi di seluruh jaringan produksi, menyediakan berbagai pertimbangan yang dapat membantu menentukan metode apa yang cocok untuk mengakomodasi berbagai waktu respons permintaan tanpa mengganggu jadwal produksi.

Pada akhirnya, Spara Dynamic Pricing membantu perusahaan membuat keputusan cerdas untuk memangkas penggunaan energi jika utilitas mereka menjalankan program penentuan harga yang dinamis, yang akan menyebabkan harga berubah secara konstan berdasarkan kondisi pasar. Program ini menawarkan lebih sedikit peringatan perubahan harga dibandingkan dengan yang diberikan oleh waktu respon pemintaan. Di bawah sistem penentuan harga yang dinamis, harga listrik dapat berubah berkali-kali lipat dalam satu hari. Namun, perusahaan yang berpartisipasi dalam program ini menemukan fakta bahwa langkah ini sangat berarti karena bisa memangkas harga 20% hingga 40% jika dibandingkan dengan pengukuran tarif tradisional.

Spara Dynamic Pricing saat ini menggunakan tiga aplikasi Powerit karena utilitas tersebut dapat memperlambat jadwal penentuan harga dinamis. “Hari ini, kami melihat banyak ketertarikan terhadap pengendali permintaan dan respon permintaan otomasi,” ujar Solberg.

Terlepas dari spesifikasi khusus yang harus digunakan, pemasangan dan konfigurasi teknologi Spara sama.

Interkoneksi

Ada hubungan dengan fasilitas pengukuran utilitas yang memungkinkan untuk melacak jumlah dan biaya dari penggunaan energi. Kemudian, konsultasi dengan manajer pabrik, Powerit menghubungkan sistem ke berbagai mesin melalui pabrik.

“Kami selalu terhubung dengan pengukuran utilitas,” jelas Solberg. “Itu adalah baseline. Kami harus tahu konsumsi seluruh fasilitas karena itu memengaruhi tagihan utilitas. Kemudian kami melihat mesin yang menggunakan energi untuk menentukan beban mana yang paling mungkin untuk dikendalikan. Kami tidak selalu mengendalikan energi, kami hanya memperhatikan beban produksi. Terkadang kita mengendalikan HVAC kantor untuk mengimbangi puncak produksi.”

Penerapannya termasuk dengan pengaturan kendala sistem Spara sehingga jika ada jadwal penonaktifan daya akan diganti saat sistem menyatakan bahwa langkah tersebut akan mengganggu jalannya produksi. Setelah dikonfigurasi, fungsi Spara sepeti yang digambarkan oleh Solberg "manajer pabrik yang mengetahui segalanya", dapat membuat keputusan real time terhadap penggunaan energi yang selalu mengganggu keseimbangan kinerja produksi dan biaya listrik.

Bagaimana teknologi tersebut bekerja

Setelah pemasangan pertama, Powerit akan melakukan uji coba dengan mengurangi beban pada beberapa mesin dan melakukan pemantauan untuk melihat bagaimana dampak yang terjadi saat permintaan sedang tinggi dan juga efisiensi produksi. Jika hasilnya positif, pengaturan tersebut akan tetap utuh; jika sebaliknya, maka akan dilakukan perubahan dan pemantauan kembali.

Beban yang dipilih untuk pemantauan awal ditentukan berdasarkan jenis fasilitas. Namun, sejalan dengan teori Navigant bahwa vendor kecil harus memiliki kelebihan unik, Powerit telah membangun kehadiran yang kuat di dunia industri makanan dan minuman, serta peleburan logam.

“Kami memiliki banyak pelanggan dari bidang peleburan,” tutur Solberg. “Tungku lebur logam umumnya memiliki beban standar untuk mengendalikan fasilitas-fasilitas tersebut.”

Biasanya idustri peleburan memiliki beberapa tungku yang menggnakan berbagai cara pengoperasian. Tanpa solusi pengendali permintaan, tungku-tungku tersebut beroperasi mendiri, dan ini membuat mesin-mesin tersebut bekerja lebih lama tidak seperti biasanya sehingga akan membuang energi dalam jumlah besar.

Aplikasi kendali permintaan dapat mengoperasikan beberapa tungku jika termasuk unit tunggal. Aplikasi ini memungkinkan para manajer pabrik menentukan tungku mana yang harus dinonaktifkan dan berapa lama, untuk menghindari tingginya permintaan dan biaya tanpa mengabaikan perlindungan jadwal produksi.

Dengan teknologi Spara keputusan tersebut dibuat secara otomatis, berdasarkan kendala yang ditetapkan selama implementasi sistem, ujar Solberg.

“Karena Anda memiliki beberapa tungku yang akan memakan tempat pengecoran maka akan dibangun penyangga alami di dalamnya," ujarnya. “Jika tiga buah tungku menghabiskan satu lajur, Anda dapat menonaktifkan tungku terakhir untuk menghindari tingginya permintaan. Nantinya, Anda dapat kembali menyalakan tugku tersebut untuk memenuhi jadwal.”

Rochester Metal Products adalah industri peleburan yang mendapat keuntungan dari penggunaan Spara DM.

Berbasis di Rochester, Ind., Rochester Metals menyuplai produk ke pelanggan di berbagai industri, termasuk pabrik air compressors, kesehatan, otomotif, konstruksi berat, dan peralatan kelautan.

Rochester Metals mengadopsi Spara setelah mengetahui bahwa utilitas tersebut mengimplementasikan struktur penetapan permintaan sistem harga baru. Sistem tersebut terhubung ke semua tungku di semua proses produksi Rochester.

Ketika sistem mengenali waktu permintaan tinggi, sistem dapat memutuskan tungku mana yang harus dinonaktifkan dengan mengurangi beban pada tungku tersebut terlebih dahulu.

Penggunaan sama; biaya jauh lebih rendah

Sebelum menggunakan Spara DM, permintaan puncak Rochester Metals setiap bulan mencapai 21,000 kW. Setelah melakukan uji coba pada titik 18,000 kW selama sebulan, tanpa memengaruhi produksi, titik permintaandisesuaikan pada 17,000 kW. Sekali lagi, tidak ada produksi yang hilang. Kemudian, titik permintaan disesuaikan lagi menjadi 16,000 kW dan hingga hari ini sama sekali tidak mengganggu produksi.

“Kenyataannya, jumlah pemakaian kilowatt mereka per jam tidak mengalami perubahan,” ujar Solberg. “Yang berubah adalah bagaimana dan kapan mereka menggunakan energi tersebut setiap jam. Penyesuaian daya tersebut telah menurunkan biaya utilitas secara signifikan.”

Powerit membantu pelanggan mengonfigurasi aplikasi untuk dapat memanfaatkan kecerdasan yang ada untuk menentukan beban yang tepat agar biaya efisiensi energi dapat terkendali. Namun, beberapa pelanggan melakukan penyesuaian untuk memanfaatkan teknologiyang mereka miliki.

“Pada tahap awal, penghematan yang kami tawarkan tidak melibatkan arus produksi,” ujar Solberg. “Akan tetapi, sistem tersebut memungkinkan para operator melihat semua aktivitas pabrik, mulai dari konsumsi energi sampai penentuan titik permintaan. Langkah ini memberikan mereka kuasa untuk mengoptimalisasikan penggunaan energi.”

Awal tahun ini, Powerit memperkenalkan platform berbasis cloud yang menurut Solberg dapat meningkatkan kemampuan konsumen untuk menganalisis dan mengoptimalkan penggunaan energi.

Solusi baru, yang disebut Spara Hub, menawarkan beberapa keuntungan yang berhubungan dengan aplikasi berbasis cloud, seperti penyebaran yang lebih cepat dan penyederhanaan perawatan. Menurut Solberg, keuntungan yang sebenarnya adalah “fungsi tambahan yang dapat kami kirim sebagai solusi host.”

Pengelolaan permintaan yang mudah digunakan: Powerit Solutions mengatakan Spara Hub berbasis cloud miliknya memberikan perangkat yang mudah digunakan oleh pelanggan dan rekanan teknologinya untuk mengoptimalkan penggunaan energi demi penghematan dan keberlangsungan. Sumber: Powerit Solutio

Beroperasi pada hosted platform akan memungkinkan Powerit untuk membangun satu metode yang dapat menghubungkan aplikasi miliknya dengan jaringan utilitas seperti platform teknologi pada industri penyuplai peralatan otomatisasi yang lebih besar.

Koneksi standar

“Platform tersebut memungkinkan kita untuk membangun koneksi standar ke utilitas dan agregator daya untuk memberikan informassi harga kepada pelanggan,” ujar Solberg. “Kami juga bermitra dengan hampir semua vendor otomatisasi untuk memasukkan kemampuan perangkat lunak yang kami miliki ke dalam sistem ramah lingkungan mereka."

Pada akhirnya, Solberg percaya dengan solusi Spara dalam cloud akan lebih mudah menunjukkan kepada para pemilik pabrik akan nilai sesungguhnya dari strategi pengelolaan energi industri.

"Jika perusahaan memiliki sistem pengukuran yang dapat menunjukkan pola konsumsi, mereka dapat mengarahkan dara ke hosted platform kami, di mana kami dapat melakukan analisis singkat terhadap kemungkinan penghematan energi yang bisa mereka lakukan," jelasnya. "Kami dapat melakukan analisis tanpa hosted platform, namun kami terlebih dahulu harus memasang perangkat keras di lokasi pelanggan dan melakukan beberapa rekayasa teknis untuk mendapatkan data yang kami perlukan."

- Disunting oleh Sidney Hill, Jr., a CFE Media contributing content specialist, sidhilljr@gmail.com. Artikel ini merupakan bagian darisuplemen Pengelolaan energi Indusutriuntuk dipublikasikan oleh CFE Media.

Jelajah online

www.poweritsolutions.com

Lihat link di bawah artikel ini untuk membaca artikel lainnya yang terdapat dalam suplemen ini.

CTLx_LOGO_Color_ID

Didukung oleh ContentStream®, lihat artikel asli dan konten terkait Control Engineering.