• Seperti apa masa depan switchgera MV?

Business team

Agar bisa mendapatkan keuntungan dari kemampuan jaringan listrik pintar saat ini, industri listrik harus mampu membuat kriteria switchgear baru. Era switchgear jaringan listrik cerdas harus lebih "pintar secara digital", fleksibel, padat, dan mampu bertahan di lingkungan keras.

Namun industri ini secara alami memang konservatif dan lambat dalam mengadopsi perubahan teknologi, termasuk di dalamnya switchgear MV dan HV.

Mengapa demikian? Dari luar inovasi teknologi sudah berjalan selama 20 tahun, namun switchgear sudah mampu bertahan sebagai arsitektur yang diakui selama 40 tahun untuk jaringan tradisional, distribusi (T&D), dan transmisi daya terpusat. Apa lagi, operator T&D memerlukan kestabilan yang akan membuatnya bisa bertahan menghadapi perubahan. Kurva pembelajaran: Merawat dan memperbaiki perangkat untuk jangka panjang akan lebih mudah dikerjakan para kru jika tidak ada perubahan teknologi.

Dengan semua faktor tersebut, tidak mengherankan jika beberapa utilitas menhadapi tantangan dalam mengadaptasi switchgear mereka untuk memenuhi kebutuhan jaringan listtrik pintar.

Dasar jarinan listrik pintar
Jaringan listrik pintar memiliki dua tujuan utama:
• Optimalisasi keseimangan antara permintaan dan pasokan energi
• Mengintegrasi lebih banyak energi terbarukan

Untuk memenuhi semua tujuan tersebut berarti harus menggunakan teknologi digital yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah, antara pelanggan dengan utilitas, antara perangkat transmisi dengan jaringan distribusi dan pusat operasional jaringan. Bagaimanapun juga, banyak infrastruktur listrik, termasuk switchgear,

Gambar 1: Papan wesel modular 2SIS menawarkan fleksibilitas tinggi untuk mengakomodasi aplikasi jaringan listrik pintar


Gambar_1_2sis

Switchgear MV dan jaringan listrik pintar

Penampilan fisik switchgear selalu sama, namun secara teknologi tentu akan mengalami perubahan untuk mengoptimalkan fungsinya pada jaringan pintar. Dengan menguji coba karakter jaringan dapat memungkinkan untuk mendapatkan pandangan tentang bagaimana switchgear menghadapi tantangan.

Terdapat lebih banyak lagi pemutus arus di dalam jaringan pintar. Menambahkan pemutus arus dalam jaringan distribusi merupakan cara yang efisien untuk mengurangi angka pelanggan yang terkena dampak pemutusan listrik dan untuk mengurangi waktu pengemballian daya. 

Remote control sangat penting. Switchgear dengan remote control fitur pemantau sangat penting untuk membangun komunikasi dua arah, otomatisasi pengumpan, jaringan pembangkit diri, sama pentingnya untuk mengoptimalisasi beban pada jaringan distribusi. Pendekatan terbaik untuk meningkatkan substasiun MV/LV adalah dengan mengimplementasikan remote control switchgear MV di manapun. 

Penggunaan sensor rendah dan pengukuran digital menambah akses kendali dan pemantauan.Compact low-power current transformers (LPCTs) dan low-power voltage transformers (LPVTs) dapat menggantikan CTs dan VTs tradisional. Hari ini, LPCTs menawarkan sensor arus inovatif yang dapat memungkinkan Anda melakukan pemantauan dan pengendalian ketika melindungi rantai. Selain itu, pandangan real time atas ketersediaan daya juga sangat penting dalam aplikasi jaringan pintar dan memerlukan pemasangan lebih banyak lagi pengukuran daya yang terhubung dengan sensor.

Modularitas sangat penting. Switchgear MV akan lebih mudah terdistribusi di jaringan pintar, dan modular switchgear akan mendapatkan apa yang dibutuhkannya untuk mencapai fleksibilitas.

Tabel 1:

Tabel_1.png

Sebagai jaringan yang berkembang, kecerdasan digital memungkinkan utilitas untuk melihat, mengukur, dan mengendalikan apa yang terjadi pada jaringan. Remote control, yang bergantung pada kecerdasan digital, dapat mengoptimalkan perawatan dan menghindari biaya layanan kunjungan lapangan.

Dengan sumber energi terbarui dan terdistribusi yang terintegrasi dalam smart grid, kegiatan mengontrol dan mengukur sangatlah penting agar bisa menyeimbangkan permintaan dan pasokan.

Bawa switchgear tegangan menengah Anda menuju era smart grid bersama pakar dari Schneider Electric.
Pelajari lebih lanjut