• Solusi mitigasi harmonik mana yang cocok untuk Anda?

Default Alternative Text
Harmonik dapat membuat sistem listrik kelebihan beban, meningkatkan permintaan daya dan pemadaman listrik, merusak peralatan, dan mematikan sistem.

Untuk lokasi pabrik dan industri, pengendalian biaya operasional dan peralatan sangat penting untuk melindungi margin. Mengganti peralatan sebelum waktunya dapat menambah pengeluaran modal hingga 15% dan biaya operasional hingga 10%. Menerapkan solusi mitigasi harmonik yang layak dapat membantu mengurangi pengeluaran.

Harmonik merupakan arus yang tidak diinginkan yang dapat membuat kabel dan trafo kelebihan beban, menimbulkan panas dan gangguan lewat jalur utilitas yang akan berdampak pada tingginya biaya. Lingkungan industri yang menggunakan banyak motor penggerak, harmonik yang tidak diperiksa dapat memperpendek usia peralatan atau mengganggu keandalannya. Harmonik dapat membuat sistem listrik kelebihan beban, meningkatkan permintaan daya, merusak peralatan, dan mematikan sistem.

Perbandingan solusi mitigasi harmonik

Jalur reaktor AC dan koneksi DC yang tersendat dapat membantu melambutkan arus keluar untuk variable frequency drives (VFD), memperluas arus dan mengurangi amplitudo agar sebagian harmonik bisa bermitigasi. Ini adalah harga yang paling masuk akal dan solusi yang padat, namun akan kurang efektif pada distorsi harmonik total. Solusi ini merupakan jalan terbaik untuk aplikasi yang tidak mengutamakan mitigasi harmonik, namun membutuhkan penyaringan terhadap distorsi berat.

Rangkaian 12 hentakan merupakan pilihan paling efisien untuk mengendalikan kehilangan daya dan cocok untuk tempat yang lebih besar. Solusi ini memerlukan trafo pemutar fase 30° dan jembatan converter enam-hentakan yang menghubungkan masing-masing output. Solusi 12-hentakan merupakan pilihan terbaik untuk efisiensi dan mitigasi harmonik, namun penerapannya memang tidak mudah dan memerlukan biaya cukup besar.

Penyaring pasif terdiri atas pengaturan reaktor dan kapasitor dalam konfigurasi sirkuit resonan yang dapat menghilangkan frekuensi perintah harmonik. Karena penyaringan pasif hanya dapat digunakan pada satu mesin operasional di satu waktu, ini memang solusi rendah biaya, namun tidak efisien dalam hal beban. Dengan kerugian faktor daya pada beban, penyaring pasif berisikp menimbulkan resonansi dalam jaringan.

Penyaring aktif bekerja dengan mengukur arus harmonik dan menghasilkan arus spektrum harmonik pada fase yang bertentangan dengan spektrum yang diukur. Penyaring tersebut membutuhkan ukuran yang lebih besar sebagai kompensasi atas menurunnya faktor daya. Penyaring aktif merupakan solusi tepat dengan tingkat biaya menengah untuk mitigasi harmonik dari beberapa tempat operasional yang paralel dalam satu jaringan.

Konfigurasi harmonik rendahmenggunakan energi layaknya inverter normal (mengonversi arus DC menjadi AC). Langkah ini memungkinkan sistem untuk menyesuaikkan bentuk gelombang dari arus utama dan menghindari dapat dari harmonik dan daya statis. Memerlukan lebih banyak ruang, gerakan harmonik rendah bisa saja menjadi pilihan berbiaya sedang. Jika dibandingkan dengan penyaring aktif, gerakan harmonik rendah memang lebih sederhana dan memberikan keuntungan lebih, serta menjadi solusi yang efektif.

Secara singkat, solusi jalur tersendat merupakan pilihan terbaik untuk aplikasi yang mengharuskan adanya penyaringan distorsi berat, namun tidak menjadikan mitigasi harmonik sebagai prioritas. Penyaring aktif merupakan solusi tepat untuk mitigasi harmonik dari beberapa gerakan dalam operasional paralel di satu titik. Solusi 12-hentakan adalah solusi yang paling efisien, tapi juga rumit. Untuk aplikasi yang mementingkan mitigasi harmonik, gerakan harmonik rendah memberikan solusi terbaik.

Buat keputusan tepat

Solusi mitigasi harmonik terbaik tergantung pada permintaan beban dan daya dari peralatan industri terhubung di satu lingkungan industri. Beberapa faktor pilihan yang harus dipertimbangkan:


  • Kepadatan atau jumlah ruangan yang dibutuhkan
  • Kemudahan saat pengoperasian
  • Efektivitas mitigasi harmonik
  • Efisiensi Energi
  • Kinerja harga dan nilai uang

Perbandingan detail dari masing-masing solusi tersedia di white paper Schneider Electric, "Menghindari Biaya Operasional melalui Mitigasi Harmonis di Lingkungan Industri."
Pelajari lebih lanjut